Kamis, 23 September 2021

» Berita Terkini » Acara Pembukaan Diskusi Hukum Wilayah Timur Kalteng Di Hotel Permata Inn Ballroom Kuala Kapuas
Acara Pembukaan Diskusi Hukum Wilayah Timur Kalteng Di Hotel Permata Inn Ballroom Kuala Kapuas

Kuala Kapuas| www.pa-kualakapuas.go.id

Pada hari Kamis malam tanggal 10 Desember 2020 pukul 19.30 WIB bertempat di Hotel Permata Inn Ballroom Kuala Kapuas dilaksanakan pembukaan Diskusi Hukum wilayah Kalimantan Tengah Bimbingan Teknis Administrasi dan Persidangan Pengadilan Tinggi Agama Palangka Raya. Pengadilan Agama Kuala Kapuas yang juga sebagai Tuan Rumah atau Panitia Pelaksana Daerah (Organizing Committee) sekaligus sebagai peserta turut hadir pada acara pembukaan tersebut.

Kegiatan tersebut juga diikuti oleh 5 Pengadilan Agama lainnya yang berada di wilayah timur Kalteng, yaitu: Pengadilan Agama Kuala Kurun, Pengadilan Agama Pulang Pisau, Pengadilan Agama Muara Teweh, Pengadilan Agama Buntok, dan Pengadilan Agama Tamiang Layang. Peserta dari Pengadilan Agama  terdiri dari Ketua, Wakil Ketua, Panitera, Sekretaris, Hakim dan Bendahara Pengeluaran.

Adapun dari PTA Palangka Raya yang hadir adalah Ketua, Wakil Ketua, Panitera, Sekretaris, Hakim Tinggi dan Pejabat Fungsional serta Pejabat Struktural lainnya.

Acara diawali dengan pembukaan oleh MC Rika Yunita Pratiwi, S.T. Kasubbag Umum dan Pelaporan PTA Palangka Raya, dilanjutkan dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan Hymne Mahkamah Agung RI yang dipimpin oleh Maya Sosilawati, S.E. Kasubbag Kepegawaian dan Ortala Pengadilan Agama Kuala Kapuas.

Dilanjutkan dengan sambutan, sambutan yang pertama oleh Wakil Bupati Kapuas H.M. Nafiah Ibnor yang hadir dalam kegiatan tersebut beliau mengatakan: “Saya sangat bangga dan mengapresiasi sekali atas terselenggaranya kegiatan ini dan dimana suatu kehormatan juga Kuala Kapuas (Kota Air) dijadikan sebagai tuan rumah. Bahwa keterikatan saya dengan Pengadilan Agama sudah sejak lama. Saat itu Pengadilan Agama masih di bawah Departemen Agama, bahkan saya pernah ikut sidang sebagai Hakim honorer karena saat itu jumlah Hakim yang belum mencukupi, “kata Nafiah Ibnor.

“Saya menyambut baik adanya kegiatan diskusi hukum yang dilaksanakan oleh Hakim-Hakim Pengadilan Agama Se-Kalimantan Tengah, serta kegiatan pembinaan teknis administrasi dan persidangan oleh Ketua Pengadilan Tinggi Agama Kalimantan Tengah, yang diadakan di Hotel Permata Inn Kuala Kapuas, mulai tanggal 10-12 Desember 2020. Saya berharap, dengan adanya kegiatan ini, dapat berdampak positif bagi masyarakat pencari keadilan, khususnya masyarakat Kabupaten Kapuas. Sebab saya memandang pentingnya kegiatan-kegiatan seperti ini untuk meningkatkan kapasitas dan kualitas aparatur Peradilan, agar benar-benar dapat memenuhi rasa keadilan di masyarakat. Sebagaimana adagium terkenal di dalam dunia hukum, Fiat Justitia Ruat Caelum, Tegakkanlah Keadilan Walaupun Langit Akan Runtuh.”

Semoga acara diskusi hukum ini yang dilanjutkan dengan pembinaan teknis administrasi dan persidangan oleh Ketua Pengadilan Tinggi Agama Kalimantan Tengah, dapat berjalan dengan lancar, dan dapat menghasilkan rumusan-rumusan hukum yang dapat memberikan rasa keadilan bagi masyarakat. Demikian kata Wakil Bupati Kapuas mengakhiri sambutannya.

Selanjutnya Ketua Pengadilan Tinggi Agama Palangka Raya, Dr. H. Samparaja, S.H., M.H, dalam sambutannya menyampaikan “Dengan adanya diskusi semacam ini maka dapat diketahui apa kekurangan, apa yang perlu dibenahi dan apa yang perlu ditingkatkan dalam penyelesaian perkara sehingga kompetensi aparatur pengadilan agama se Kalimantan Tengah bisa semakin handal dan professional, “tutur Samparaja.

“Seluruh aparatur pengadilan agama agar mengimplementasikan Zona Integritas dengan baik dengan cara, pertama agar seluruh aparatur Pengadilan Agama bersih dari korupsi, kolusi dan nepotisme, kedua supaya seluruh aparat pengadilan bisa memperbaiki kinerjanya agar semakin bagus dan meningkat, ketiga agar seluruh masyarakat yang dilayani mendapatkan kepuasan dengan pelayanan pengadilan, “ujar Samparaja.

“Diperhatikan pula pertama adalah penataan manajemen seperti perubahan mindset sehingga aparat pengadilan agama semakin senang melayani masyarakat bukan ingin dilayani, kedua, tata laksana yaitu bagaimana caranya agar pelayanan kepada masyarakat semakin cepat, tepat dan benar, ketiga manajemen SDM sehingga dengan aparat yang terbatas bagaimana caranya agar dapat dimaksimalkan supaya seluruh pelaksanaan tupoksi tidak terhambat, keempat akuntablitas dengan cara bagaimana putusan yang dikeluarkan oleh Pengadilan agama dapat dipertanggungjawabkan kepada Tuhan, masyarakat dan negara, kelima penguatan pengawasan pelaksanaan tupoksi di Pengadilan agar masyarakat puas dengan pelayanan kita dan terakhir keenam, berikan pelayanan yang nyaman seperti adanya Pelayanan Terpadu Satu Pintu, “ungkap Samparaja.

Acara yang penuh khidmat ini kemudian ditutup dengan pengalungan tanda peserta dan doa oleh Panitera Pengadilan Agama Kuala Kapuas H. Said Harli, S.Ag. (isn)

Terimakasih telah membaca Berita Terkini - Acara Pembukaan Diskusi Hukum Wilayah Timur Kalteng Di Hotel Permata Inn Ballroom Kuala Kapuas. Silahkan tinggalkan komentar, saran dan pesan Anda untuk kemajuan website Pengadilan Agama Kuala Kapuas. Terimakasih untuk dukungan dan partisipasi Anda.
Total Komentar    Belum Ada Komentar
  • Nama harus diisi, Email tidak akan disebarluaskan, Terimakasih.
  • Mohon untuk menggunakan ejaan yang benar / kata-kata yang mudah dimengerti