Minggu, 05 Desember 2021

» Berita Terkini » Acara Yang Sempat Tertunda Itu pun Akhirnya terlaksana oleh PA Kuala Kapuas
Acara Yang Sempat Tertunda Itu pun Akhirnya terlaksana oleh PA Kuala Kapuas

Kuala Kapuas| www.pa-kualakapuas.go.id

Pada hari Selasa 09 November 2021 acara yang sudah lama ditunggu-tunggu pelaksanaannya oleh Pengadilan Agama Kuala Kapuas yaitu Deklarasi Zero Pernikahan Tidak Tercatat di 6 wilayah kecamatan Kabupaten Kapuas akhirnya terlaksana, setelah sempat beberapa kali tertunda.

Acara tersebut berlokasi di Desa Lupak Dalam Kecamatan Kapuas Kuala dihadiri oleh Ketua PTA Palangka Raya Dr. H. Samparaja, S.H., M.H. dan jajarannya, Bupati Kabupaten Kapuas Ir. Ben Brahim S. Bahat, M.M., M.T.  beserta ibu Ary Egahni Ben Bahat, S.H.,M.H., yang juga sebagai anggota Komisi III DPR RI, unsur FKPD dan Kepala SOPD, Kepala Kemenag Kabupaten Kapuas, Plt. Kepala Dinas Dukcapil, Camat Kecamatan Kapuas Kuala, Kepala Desa Palampai, Kepala KUA Kecamatan Lupak Dalam dan masyarakat yang telah mengikuti persidangan.

Acara ini terselenggara sebagai salah satu wujud kerjasama antara Pemkab Kapuas dan Pengadilan Agama Kuala Kapuas dalam sinergitas membangun kesadaran legalitas hokum bagi masyarakat Kab. Kapuas.

Pukul 08.00 WIB rombongan pertama yaitu Panitia dari Pengadilan Agama Kuala Kapuas berangkat dengan menggunakan speed boat yang merupakan pinjaman dari Pemkab Kapuas untuk mempersiapkan lokasi acara.

Kemudian pada pukul 12.30 WIB rombongan kedua terdiri dari Ketua PTA Palangka Raya dan jajarannya, Bupati Kabupaten Kapuas beserta ibu, unsur FKPD dan Kepala SOPD, Kepala Kemenag Kabupaten Kapuas, Plt. Kepala Dinas Dukcapil dan Ketua Pengadilan Agama Kuala Kapuas dan jajarannya.

Acara diawali dengan Deklarasi Zero Pernikahan Tidak Tercatat oleh 3 instansi yaitu Ketua Pengadilan Agama Kuala Kapuas Mohammad Anton Dwi Putra, S.H., M.H., Kepala Kemenag H. Hamidhan, S.Ag., M.A. dan Kepala Dinas Dukcapil Sipie S. Bungai, S.Sos., MAP. yang dilanjutkan dengan penandatanganan piagam deklarasi dan pernyataan komitmen bersama.

Selesai deklarasi dilanjutkan dengan sambutan-sambutan oleh Ketua, Pengadilan Agama Kuala Kapuas, Ketua PTA Palangka Raya, Bupati Kabupaten Kapuas dan Anggota Komisi III DPR RI.

Ketua Pengadilan Agama Kuala Kapuas dalam sambutannya mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada para undangan yang telah menghadiri acara ini, semoga sinergitas ini akan terus terjalin antara Pemkab Kapuas dan Pengadilan Agama, terimakasih juga kepada Bupati yang telah memfasilitasi transportasi berupa speed boat untuk melaksanakan sidang di luar gedung yang hanya bisa melalui jalur sungai.

Disela acara, Samparaja mengatakan bangga dengan adanya kegiatan ini. “Alhamdulillah kita mendapat dukungan dari Bupati setempat dan dukungan juga dari DPR RI, terima kasih untuk bapak Bupati dan Ibu anggota Komisi III DPR RI. Semoga sinergitas ini tetap terjaga demi memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat pencari keadilan.” ujar Samparaja.

Pada kesempatan itu pula Bupati Kapuas mengatakan bahwa agar kerjasama ini terus terjalin, dan mengacungkan jempol atas program yang digaungkan oleh Pengadilan Agama Kuala Kapuas ini, dan akan siap terus membantu apabila Pengadilan Agama memerlukan bantuan.

Ary Egahni juga mengatakan “Saya sebagai anggota komisi III DPR RI mengapresiasi kegiatan yang sangat inovatif ini sebagai bentuk sinergitas antara Pemkab Kapuas dan Pengadilan Agama, demi tertib administrasi data kependudukan dan legalitas hukum sahnya perkawinan sehingga hak dan kewajiban suami, isteri dan  anak terjamin dengan akta otentik sehingga perlindungan Negara dapat terselenggara secara efektif dan efisien”

Diakhir acara dilaksanakan penyerahan buku nikah kepada para pihak pencari keadilan yang telah mengikuti sidang itsbat nikah ini secara simbolis. (isn)

Terimakasih telah membaca Berita Terkini - Acara Yang Sempat Tertunda Itu pun Akhirnya terlaksana oleh PA Kuala Kapuas. Silahkan tinggalkan komentar, saran dan pesan Anda untuk kemajuan website Pengadilan Agama Kuala Kapuas. Terimakasih untuk dukungan dan partisipasi Anda.
Total Komentar    Belum Ada Komentar
  • Nama harus diisi, Email tidak akan disebarluaskan, Terimakasih.
  • Mohon untuk menggunakan ejaan yang benar / kata-kata yang mudah dimengerti