Minggu, 22 Mei 2022

» Berita Terkini » Ketua PA Kuala Kapuas Menjadi Narasumber dalam Kegiatan Pembinaan Administrasi Kepenghuluan
Ketua PA Kuala Kapuas Menjadi Narasumber dalam Kegiatan Pembinaan Administrasi Kepenghuluan

Ketua PA Kuala Kapuas Menjadi Narasumber dalam Kegiatan Pembinaan Administrasi Kepenghuluan

Kuala Kapuas | www.pa-kualakapuas.go.id

Pada hari Rabu 23 Maret 2022, Ketua Pengadilan Agama Kuala Kapuas Mohammad Anton Dwi Putra, S.H., M.H., menjadi Narasumber yang dilaksanakan Kantor Kementrian Agama Kuala Kapuas, kegiatan dilaksanakan di Aula MAN Kuala Kapuas.

Kegiatan dibuka dengan sambutan oleh Kepala Kantor Kemenag Kab. Kapuas Bapak H. Hamidhan, S.Ag., M.A., didampingi Kasi Bimas Islam dan Kepala MAN Kuala Kapuas. Sedikit isi sambutan yang beliau sampaikan bahwa untuk seluruh penghulu agar berperan aktif dalam kegiatan masyarakat, bisa menjadi teladan yang baik dan bijaksana dalam melaksanakan tugas.

Kegiatan dilanjutkan dengan pemberian materi dari narasumber yaitu Ketua Pengadilan Agama Kuala Kapuas Mohammad Anton Dwi Putra, S.H., M.H., Adapun materi yang disampaikan Ketua PA Kuala Kapuas secara garis besar yaitu pembahasan Konsep Pelayanan Terpadu Antar Instansi di Kabupaten Kapuas tentang Perubahan Elemen Data Administrasi Kependudukan Secara Terpadu dan Responsif (Penda Ketapi), Penda Ketapi merupakan aplikasi yang digunakan untuk melakukan perubahan data para pihak yang mengajukan perceraian dan telah mendapatkan putusan, PA Kuala Kapuas bekerjasama dengan Kementerian Agama juga Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil dengan menggunakan aplikasi PENDA KETAPI ini maka bisa diajukan perubahan data yang kemudian akan diterbitkan Kartu Keluarga (KK) dan Kartu Tanda Penduduk (KTP) terbaru. Dengan syarat melampirkan beberapa berkas yang diperlukan tentunya seperti surat permohonan, KTP, KK, Akta Cerai, Kutipan Akta Nikah dan Salinan Putusan.

Kehadiran aplikasi Penda Ketapi bertujuan untuk mempermudah pelayanan terkait dengan perubahan administrasi penduduk KK dan KTP pasca perceraian, Buku Nikah dan Akta Kelahiran pasca itsbat nikah serta penetapan asal usul anak. (nv)

Terimakasih telah membaca Berita Terkini - Ketua PA Kuala Kapuas Menjadi Narasumber dalam Kegiatan Pembinaan Administrasi Kepenghuluan. Silahkan tinggalkan komentar, saran dan pesan Anda untuk kemajuan website Pengadilan Agama Kuala Kapuas. Terimakasih untuk dukungan dan partisipasi Anda.
Total Komentar    Belum Ada Komentar
  • Nama harus diisi, Email tidak akan disebarluaskan, Terimakasih.
  • Mohon untuk menggunakan ejaan yang benar / kata-kata yang mudah dimengerti