Senin, 02 Agustus 2021

» Berita Terkini » PA Kuala Kapuas Melaksanakan Sosialisasi Aplikasi Penda Ketapi
PA Kuala Kapuas Melaksanakan Sosialisasi Aplikasi Penda Ketapi

Kuala Kapuas | www.pa-kualakapuas.go.id

Bertempat di Ruang Sidang Utama, pada hari Kamis 24 Juni 2021 pukul 09.30 WIB Pengadilan Agama Kuala Kapuas melaksanakan Sosialisasi Aplikasi Penda Ketapi. Sosialisasi dihadiri oleh seluruh ASN Pengadilan Agama Kuala Kapuas, Perwakilan dari Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kapuas M. Poetran Sosilo, S.H.I., M.A. (Kasi Bimas Islam) dan H. Supriantin, M.Pd. (Penghulu Fungsional Kecamatan Selat) serta perwakilan dari Dinas Dukcapil Kabupaten Kapuas Hamsiah (Kabid Pemanfaatan Data dan Inovasi Pelayanan) dan jajarannya.

Dalam sambutannya Ketua Pengadilan Agama Kuala Kapuas Muhamad Isna Wahyudi, S.H.I., M.S.I., menyampaikan bahwa pembuatan aplikasi Penda Ketapi ini sebagai bentuk kemitraan antar 3 instansi yaitu Pengadilan Agama Kuala Kapuas, Kemenag Kab. Kapuas dan Dinas Dukcapil Kab. Kapuas, yang dibuat dalam rangka untuk peningkatan kualitas pelayanan publik, yang diharapkan akan mempermudah pelayanan terkait dengan perubahan administrasi penduduk KTP pasca perceraian dan Buku Nikah dan Akta Kelahiran pasca itsbat nikah serta penetapan asal usul anak.

Lebih lanjut kata Ketua bahwa di tingkat propinsi juga sudah ada perjanjian kerjasama antara PTA Palangka Raya, Kanwil Kemenag Propinsi Kalimantan Tengah dan Dinas Dukcapil Propinsi Kalimantan Tengah, bahkan aplikasi yang sudah selesai dibuat ini direkomendasikan oleh PTA Palangka Raya agar menjadi acuan  atau diterapkan bagi Pengadilan Agama lain yang ada di wilayah Kalimantan Tengah.

Aplikasi ini adalah aplikasi pertama yang mensinergikan 3 lembaga sekaligus, semoga kedepan bisa diimplementasikan di daerah lain, nanti kami juga minta masukan untuk penyempurnaan aplikasi tersebut, demikian kata Pak Ketua mengakhiri sambutannya.

Selanjutnya sosialisasi Aplikasi Penda Ketapi yang disampaikan oleh Wakil Ketua Mohammad Anton Dwi Putra, S.H., M.H., system aplikasi ini lintas sektoral yang melibatkan 3 instansi Pengadilan Agama Kuala Kapuas, Kemenag Kab. Kapuas dan Dinas Dukcapil Kab. Kapuas, dan Alhamdulillah sekitar 90% sudah selesai untuk 10% kami minta saran dan masukannya.

System aplikasi ini terpusat “one system for all”, karena aplikasi ini bukan aplikasi yang berdiri masing-masing di intansi tetapi grand design aplikasi yang databasenya terpusat di situs resmi di Pengadilan Agama Kuala Kapuas. Server aplikasi secara virtual berada di web hosting Pengadilan Agama Kuala Kapuas.

Aplikasi ini juga system multi user yang mengakomodir 3 instansi terkait, User Super Administrator dipegang oleh operator dari Pengadilan Agama Kuala Kapuas, ditiap-tiap instansi ada 3 user yaitu operator, verifikator dan pengawas. Dan Dokumen Negara yang diunggah nantinya dalam aplikasi ini bersifat sangat rahasia.

Melalui slide Wakil Ketua juga menampilkan view Aplikasi Pengadilan Agama, View Aplikasi Kemenag dan View Dinas Dukcapil. (isn)

Terimakasih telah membaca Berita Terkini - PA Kuala Kapuas Melaksanakan Sosialisasi Aplikasi Penda Ketapi. Silahkan tinggalkan komentar, saran dan pesan Anda untuk kemajuan website Pengadilan Agama Kuala Kapuas. Terimakasih untuk dukungan dan partisipasi Anda.
Total Komentar    Belum Ada Komentar
  • Nama harus diisi, Email tidak akan disebarluaskan, Terimakasih.
  • Mohon untuk menggunakan ejaan yang benar / kata-kata yang mudah dimengerti