Minggu, 23 Januari 2022

» Berita Terkini » Sekretaris PA Kuala Kapuas Mengikuti Zoom Meeting Peresmian Transformasi SIPERMARI Menjadi e-SADEWA
Sekretaris PA Kuala Kapuas Mengikuti Zoom Meeting Peresmian Transformasi SIPERMARI Menjadi e-SADEWA

Kuala Kapuas| www.pa-kualakapuas.go.id

Bertempat di Ruang Kerja Sekretaris Pengadilan Agama Kuala Kapuas mengikuti peresmian transformasi aplikasi sistem Informasi Perlengkapan mahkamah Agung RI (SIPERMARI) menjadi Electronic State Asset Development and Enhancement Work Application (e-SADEWA) oleh Yang Mulia Ketua Mahkamah Agung RI Prof. Dr. H.M Syarifuddin, S.H., M.H secara daring via aplikasi Zoom Meeting.

Kegiatan dibuka dengan laporan yang disampaikan oleh Rosfiana, S.H., M.H. selaku Kepala Biro Perlengkapan Badan Urusan Administrasi MA, menyampaikan bahwa e-Sadewa lahir sebagai bagian dari arahan dan kebijakan yang dikeluarkan oleh Ketua Mahkamah Agung dalam rangka pengembangan dan pemberdayaan BMN, dengan memanfaatkan teknologi informasi dalam menciptakan  inovasi dalam upaya  mendukung perwujudan peradilan yang modern dan unggul.

Bahwa dari arahan Ketua MA tersebut maka sebagai tindak lanjutnya Sekretaris MA melalui Biro Perlengkapan BUA MA menekankan agar lebih mengoptimalkan aplikasi SIPERMARI dalam memberikan dukungan pengelolaan sarana  dan prasarana bagi pengadilan di seluruh indonesia.

Lebih lanjut Rosfiana menyatakan bahwa aplikasi Sipermari menjadi percontohon bagi Seluruh Kementerian/Lembaga karena merupakan aplikasi pengelolaan aset Lembaga pertama  yang dibuat di Indonesia yang juga terhubung langsung Ke Kementerian Keuangan RI “Dalam perjalanannya Sipermari dibuat guna menyajikan pengelolaan aset mahkamah agung RI yang terintegrasi dengan Seluruh Satker Pengadilan di bawahnya maupun dengan regulator pengelolaan aset negara dalam hal ini Kementrian Keuangan RI, sehingga bisa menjadi percontohan bagi Lembaga lain dalam melakukan pengelolaan aset.”

Atas dasar hal tersebut aplikasi SIPERMARI berhasil menyabet Juara Satu dalam acara BMN Award yang diselenggarakan oleh Kementerian Keuangan RI Pada tahun 2019 yang lalu, sebagai bentuk pencapaian dalam peningkatan tata kelola berkelanjutan barang milik negara.

e-SADEWA sebagai hasil transformasi SIPERMARI mengalami perubahan besar serta peningkatan fungsi dimana e-SADEWA memiliki empat fitur, yaitu fitur: pengelolaan BMN, pengadaan BMN, monitoring dan Lapor BMN.

Adapun Ketua Mahkamah Agung RI Prof. Dr. H.M Syarifuddin, S.H., M.H. Dalam sambutannya, menyampaikan apresiasi atas berbagai prestasi yang telah diraih oleh Mahkamah Agung dan badan peradilan dibawahnya, khususnya dalam pengelolaan BMN yang menggunakan teknologi informasi (SIPERMARI).

Atas capaian dan prestasi yang telah diraih tersebut, Ketua MA meminta agar tidak cepat berpuas diri sebab masih banyak pekerjaan yang mesti diperbaiki “Saya meminta jangan cepat berpuas diri karena sesungguhnya masih banyak pekerjaan rumah yang harus kita  diperbaiki. Untuk itu dalam kesempatan ini saya meminta kepada seluruh pimpinan satker di lingkungan Mahkamah agung dan badan peradilan dibawahnya untuk berperan aktif dalam melakukan pengawasan, pembinan dan pengendalian dalam  pengelolaan barang milik negara”. (isn)

Gambar  3. Yang Mulia Ketua Mahkamah Agung Meresmikan Transformasi Aplikasi Sipermari menjadi e-Sadewa dengan menggunakan palu digital.

Peresmian transformasi aplikasi SIPERMARI menjadi e-SADEWA dilakukan oleh Yang Mulia Ketua Mahkamah Agung dengan menggunakan palu digital dengan menekan tombol update pada layar. Dengan demikian maka secara resmi aplikasi SIPERMARi telah berubah menjadi e-Sadewa.(hrs)

Tags

Terimakasih telah membaca Berita Terkini - Sekretaris PA Kuala Kapuas Mengikuti Zoom Meeting Peresmian Transformasi SIPERMARI Menjadi e-SADEWA. Silahkan tinggalkan komentar, saran dan pesan Anda untuk kemajuan website Pengadilan Agama Kuala Kapuas. Terimakasih untuk dukungan dan partisipasi Anda.
Total Komentar    Belum Ada Komentar
  • Nama harus diisi, Email tidak akan disebarluaskan, Terimakasih.
  • Mohon untuk menggunakan ejaan yang benar / kata-kata yang mudah dimengerti