Upacara Hari Pahlawan ke 74 di Pengadila Agama Kuala Kapuas

Bertempat di Halaman Kantor Pengadilan Agama Kuala Kapuas, dilaksanakan upacara dalam rangka memperingati Hari Pahlawan ke 74 Tahun 2017. Bertindak sebagai Inspektur Upacara adalah Ketua Pengadilan Agama Kuala Kapuas, Bapak H. Ahmad Farhat, S.Ag., SH., M.HI., Upacara diikuti  oleh seluruh Hakim, Pejabat Srtuktural, Fungsional dan seluruh Honorer.

Dalam memperingati hari Pahlawan kali ini sambutan Menteri Sosial yang dibacakan oleh Inspektur Upacara mengambil tema “ Aku Pahlawan Masa Kini ”. Ketua Pengadilan Agama Kuala Kapuas dalam sambutannya menjelaskan, Hari Pahlawan yang kita peringati saat ini didasarkan pada peristiwa pertempuran terhebat dalam riwayat sejarah dekolonisasi dunia, yakni peristiwa”Pertempuran 10 November 1945″ di Surabaya. Sebuah peristiwa yang memperlihatkan kepada dunia internasional, betapa segenap Rakyat Indonesia dari berbagai ras, suku, agama, budaya dan berbagai bentuk partikularisme golongan – bersama-sama melebur menjadi satu untuk berikrar, bergerak dan menyerahkan hidupnya, jiwa raganya, untuk mempertahankan kemerdekaan Indonesia melawan penjajah yang ingin menancapkan kembali kekuasaanya di Indonesia.

               Menjadi Pahlawan masa kini dapat dilakukan oleh siapapun Warga Negara Indonesia, dalam bentuk aksi-aksi nyata memperkuat keutuhan NKRI, seperti menolong sesame yang terkena musibah, tidak nelakuka provokasi yang dapat mengganggu ketertiban umum, tidak menyebarkan berita hoax, tidak melakukan perbuatan anarkis atau merugikan orang lain dan sebagainya. Jika dahulu semangat kepahlawanan ditunjukan melalui perngorbanan tenaga, harta, bahkan nyawa. Sekarang, untuk menjadi Pahlawan bukan hanya mereka yang berjuang megangkat senjata mengusir penjajah melainkan kita juga bias membuktikannya dengan cara menorehkan prestasi dibidang kehidupan dimasyarakat maupun mengharumkan nama bangsa dimata iternasional . Upacara pada hari itu ditutup dengan pembacaan Do’a yang dibawakan oleh Bapak Khairi Rosyadi, S.HI.

 

#ATB

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *