Ketua PA Kapuas Hadiri Upacara Peringatan HAB Kemenag ke – 74 Tahun 2020

Ketua Pengadilan Agama Kuala Kapuas H. Ahmad Farhat, S.Ag., SH., M.HI. menghadiri kegiatan upacara HAB yang ke-74 Kemenag Tahun 2020. Kehadiran pimpinan PA Kapuas itu atas undangan yang disampaikan panitia pelaksana. Wakil Bupati Kapuas HM Nafiah Ibnor memimpin upacara memperingati Hari Amal Bhakti (HAB) ke74 Kementerian Agama Republik Indonesia 2020 yang dilangsungkan  di halaman MTsN 1 Kapuas Jalan Tambun Bungai, Jum’at (3/1/2020).  

Tampak hadir mengikuti upacara, Kepala Kantor Wilayah Kemenag Kabupaten Kapuas H Ahmad Bahruni, Unsur Forkopimda Kabupaten Kapuas, Segenap Kepala Perangkat Daerah, Kepala Kantor Urusan Agama se Kabupaten Kapuas, para guru MIN, MTsN dan MAN se Kabupaten Kapuas, para tokoh agama, tokoh adat, tokoh masyarakat dan tamu undangan.

Menteri Agama Republik Indonesia Fachrul Razi dalam amanatnya yang dibacakan oleh Wakil Bupati Kapuas menyampaikan bahwa agama dan negara saling membutuhkan dan mengkokohkan untuk kebahagiaan hidup manusia. Penguatan identitas keagamaan dan penguatan identitas kebangsaan tidak boleh dipisahkan dan dipertentangkan akan tetapi harus dalam satu kotak untuk melahirkan moderasi beragama dan bernegara. Sejalan dengan tema HAB Kemenag ke-74 yaitu “Umat Rukun Indonesia Maju”, Wakil Bupati mengajak seluruh jajaran Kementrian Agama di Kabupaten Kapuas khususnya untuk menjadi agen perubahan dalam memperkuat kerukunan antar umat beragama di Tanah Air.

“Penguatan identitas keagamaan bila dipisahkan dari spirit bernegara dapat melahirkan radikalisme beragama. Sebaliknya penguatan identitas bernegara bila dipisahkan dari spirit beragama dapat memberikan peluang berkembangnya sekularisme dan liberalisme,” ungkap Nafiah.

#ATB

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *