Panitera PA Kapuas Ikuti Pelatihan SAKIP di Megamendung

Panitera Pengadilan Agama Kuala Kapuas, Drs. H. Moklis, mengikuti Pelatihan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) Bagi Panitera Pengadilan yang diselenggarakan oleh Badan Litbang Diklat Hukum dan Peradilan Mahkamah Agung RI Tahun 2020. Pemanggilan peserta pelatihan peserta SAKIP berdasarkan surat dari Badan Litbang Diklat Hukum dan Peradilan Mahkamah Agung Republik Indonesia Nomor : 13/Bld/S/1/2020 tertanggal 22 Januari 2020. Panitera Pengadilan Agama Kuala Kapuas Drs. H. Moklis, tercatat sebagai peserta pelatihan gelombang II dengan waktu pelaksanaan kegiatan pada tanggal 09 hingga 26 Febuari 2020 bertempat di Balai Diklat Kumdil Mahkamah Agung RI Jl. Cikopo Selatan, Desa Sukamaju, Kecamatan Megamendung, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Drs. H. Moklis, mengungkapkan pelatihan SAKIP ini bertujuan mendorong Laporan Kinerja Pemerintah (LKjIP) sebagai salah satu persyaratan agar terciptanya pemerintah yang baik dan terpercaya atau good governance.

Sebelum berangkat mengikuti kegiatan tersebut ada beberapa hal yang telah dipersiapkan oleh Panitera PA Kuala Kapuas tersebut sebagai bahan pembelajaran yang dibutuhkan selama kegiatan pelatihan berlangsung seperti mempersiapkan Renstra, Renja, LKjIP, PKT maupun berbagai hal lainnya sesuai dengan surat himbauan dari Badan Litbang Diklat Hukum dan Peradilan Mahkamah Agung RI. Selain Panitera Pengadilan Agama Kuala Kapuas, pelatihan SAKIP kali ini juga diikuti oleh Panitera dari Pengadilan Agama yang berada dalam wilayah Pengadilan Tinggi Agama Palangka Raya. Dikesempatan itu pula Panitera PA Kapuas Drs. H. Moklis mendapatkan Peringkat Terbaik Panitera Pengadilan Pelatihan SAKIP Gelombang II Kelas A.  

Ketua Pengadilan Agama Kuala Kapuas H. Ahmad Farhat, S.Ag., SH., M.HI. berharap sekembalinya Panitera dari pelatihan tersebut agar dapat mengimplementasikannya ilmu yang telah didapatkan dalam hal pembuatan maupun pelaporan SAKIP dan LKjIP tahun 2019 maupun RENSTRA tahun 2020-2024 Pengadilan Agama Kuala Kapuas, dan Ilmu – Ilmu dari Pelatihan Pendukung Lainnya.

#ATB

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *