Senin, 26 Oktober 2020

» Berita Terkini » CAKIM PA KUALA KAPUAS MELAKUKAN BIMBINGAN DENGAN MENTOR PADA MASA HABITUASI
CAKIM PA KUALA KAPUAS MELAKUKAN BIMBINGAN DENGAN MENTOR PADA MASA HABITUASI

(18/05/2018) Pada masa habituasi setiap calon hakim (Cakim) Mahkamah Agung RI baik dilingkungan peradilan umum, peradilan agama, ataupun peradilan tata usaha negara diwajibkan untuk melakukan aktualisasi atas isu dan gagasan pemecahan isu yang sudah di susun selama masa latihan dasar (Latsar) sebelumnya.

Selama proses habituasi tersebut di atas, para cakim di pengadilan Agama Kuala Kapuas yang berjumlah dua belas orang mendapatkan dua orang mentor atau pembimbing. Kedua mentor tersebut adalah seorang hakim di Pengadilan Agama Kuala Kapuas, yaitu Yang Mulia Bapak Abdullah, S.H.I., M.H., dan Yang Mulia Bapak Zuhairi Bharata Ashbahi, S.H.I., M.H. Para cakim melakukan bimbingan pada hari Kamis, Tanggal 17 Mei 2018 di ruang rapat Pengadilan Agama Kuala Kapuas.

Pada kesempatan bimbingan tersebut para mentor meminta kepada para cakim untuk mempresentasikan rancangan aktualisasi dan sejauh mana rancangan aktualisasi tersebut telah dilaksanakan, “mohon nanti bapak-ibu sekalian untuk mempresentasikan aktualisasinya, mana yang sudah dilaksanakan, mana yang belum dilaksanakan, dan apakah ada kendala yang dihadapi dalam proses pelaksanaan aktualisasi tersebut” ujar Yang Mulia Bapak Abdullah, S.H.I., M.H.

Setelah itu kemudian para cakim mempresentasikan rancangan aktualisasinya masing-masing secara bergantian, yang masing-masing orang diberi kesempatan selama lima menit untuk menyampaikannya. Para cakim di Pengadilan Agama Kuala Kapuas rata-rata telah melaksanakan aktualisasi sebanyak lima puluh persen.

Setelah para cakim selesai menyampaikan kegiatan aktualisasinya masing-masing, kemudian para mentor memberikan saran dan masukan atas kegiatan aktualisasi yang telah dilaksanakan “pokoknya kalau ada kendala atau sesuatu yang perlu didiskusikan, silahkan langsung menghubungi Kami berdua selaku mentor bapak-ibu sekalian, jangan lupa jaga kekompakan dan kedisiplinan” ujar Yang Mulia Bapak Zuhairi Bharata Ashbahi, S.H.I., M.H.

[Epri Wahyudi]

 

Terimakasih telah membaca Berita Terkini - CAKIM PA KUALA KAPUAS MELAKUKAN BIMBINGAN DENGAN MENTOR PADA MASA HABITUASI. Silahkan tinggalkan komentar, saran dan pesan Anda untuk kemajuan website Pengadilan Agama Kuala Kapuas. Terimakasih untuk dukungan dan partisipasi Anda.
Total Komentar    Belum Ada Komentar
  • Nama harus diisi, Email tidak akan disebarluaskan, Terimakasih.
  • Mohon untuk menggunakan ejaan yang benar / kata-kata yang mudah dimengerti