Senin, 14 Juni 2021

» Berita Terkini » PA Kuala Kapuas Ikuti Zoom Meeting Terkait Peluncuran Dan Webinar Buku Saku Pedoman Mengadili Permohonan Dispensasi Kawin
PA Kuala Kapuas Ikuti Zoom Meeting Terkait Peluncuran Dan Webinar Buku Saku Pedoman Mengadili Permohonan Dispensasi Kawin

Kuala Kapuas | pa-kualakapuas.go.id

Pada hari Jumat tanggal 4 Desember 2020 pukul 08.00 WIB bertempat di Ruang Media Center Pengadilan Agama Kuala Kapuas Ketua Pengadilan Agama Kuala Kapuas Muhamad Isna Wahyudi, S.H.I., M.S.I. bersama para Hakim mengikuti kegiatan dengan Mahkamah Agung RI, yaitu Undangan Peluncuran dan Webinar Buku Saku Pedoman Mengadili Permohonan Dispensasi Kawin. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh Pimpinan dari Badan Peradilan dibawah Mahkamah Agung serta Pengadilan tingkat pertama dan tingkat banding. Kegiatan ini dilakukan secara online dengan menggunakan aplikasi zoom dan disiarkan secara live melalui akun Youtube Mahkamah Agung.

Untuk Mendorong keseragaman pandangan dan praktik di pengadilan, Kelompok Kerja Perempuan dan Anak, Mahkamah Agung Bersama Indonesia Judicial Research Society (IJRS) dengan dukungan dari Australia Indonesia Partnership For Justice 2 (AIPJ2) menyusun Buku Saku Pedoman Mengadili Permohonan Dispensasi Kawin. Tujuannya agar buku ini menjadi panduan bagi para hakim di lingkungan peradilan umum dan peradilan agama agar dapat meningkatkan kualitas penangan perkara dan putusan dispensasi kawin demi kepentingan terbaik anak.

Acara dibuka oleh pembawa acara dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Hymne Mahkamah Agung, dilanjutkan dengan paparan pembuka oleh  Ibu Woro Srihastuti Sulistyaningrum, S.T., MIDS. selaku Direktur Keluarga, Perempuan, Anak, dan Olahraga BAPPENAS. Dalam paparannya Ibu Woro Srihastuti menyampaikan Strategi Nasional Pencegahan Perkawinan Anak, Target dan Mitra Pelaksana.]

Setelah paparan pembuka, acara dilanjutkan dengan pidato kunci dari Ketua Mahkamah Agung RI, Yang Mulia Bapak Dr. H. Muhammad Syarifuddin, S.H., M.H.. Dalam pidatonya, Ketua Mahkamah Agung menyampaikan Peran Peradilan sebagai Mitra Nasional dalam Strategi Nasional Pencegahan Perkawinan Anak, Penanganan Perkara Dipensasi Kawin. Setelah menyampaikan pidato, Ketua Mahkamah Agung RI secara resmi meluncurkan Buku Saku Pedoman Mengadili Permohonan Dispensasi Kawin.

Setelah peluncuran buku saku, acara dilanjutkan dengan webinar dengan moderator Bapak Dio Ashar selaku Direktur Eksekutif IJRS. Adapun narasumber dalam webinar ini adalah Ibu Leisha Lister (Penasehat Senior AIPJ2) dan yang menjadi penanggap dalam webinar ini adalah Ibu Nani Zulminarni (Pendiri dan Direktur Yayasan Pekka), Bapak Agung Rachmadi, S.Sos, M.M. (Kepala UPTD KPPPA Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan), Ibu Prahesti Pandanwangi, S.H., Sp.N, LL.M (Direktur Hukum dan Regulasi Bappenas). Adapun yang menjadi tema dalam webinar ini adalah Analisa Putusan Perkara Dispensasi Kawin dan Jumlah Perkara di Pengadilan serta Memastikan Kepentingan terbaik bagi Anak dalam Pemeriksaan Perkara Dispensasi Kawin.

Kemudian acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Kegiatan zoom ini berlangsung dari pukul 08.00 WIB hingga pukul 11.00 WIB dan berjalan dengan  lancar. Acara ditutup dengan kesimpulan dari Yang Mulia Bapak Prof. Dr. Takdir Rahmadi, S.H., LL.M. selaku Ketua Kamar Pembinaan/Ketua Kelompok Kerja Perempuan dan Anak Mahkamah Agung RI. (isn)

Terimakasih telah membaca Berita Terkini - PA Kuala Kapuas Ikuti Zoom Meeting Terkait Peluncuran Dan Webinar Buku Saku Pedoman Mengadili Permohonan Dispensasi Kawin. Silahkan tinggalkan komentar, saran dan pesan Anda untuk kemajuan website Pengadilan Agama Kuala Kapuas. Terimakasih untuk dukungan dan partisipasi Anda.
Total Komentar    Belum Ada Komentar
  • Nama harus diisi, Email tidak akan disebarluaskan, Terimakasih.
  • Mohon untuk menggunakan ejaan yang benar / kata-kata yang mudah dimengerti