Minggu, 23 Januari 2022

» Berita Terkini » PA Kuala Kapuas Mengucapkan Selamat Hari Juang Kartika TNI AD ke-76
PA Kuala Kapuas Mengucapkan Selamat Hari Juang Kartika TNI AD ke-76

Kuala Kapuas| www.pa-kualakapuas.go.id

Tanggal 15 Desember diperingati sebagai Hari Juang Kartika. Sebelumnya, peringatan Hari Juang Kartika disebut sebagai Hari Infanteri. Hari Juang Kartika adalah hari peringatan sebagai momentum refleksi atas peristiwa perjuangan setelah kemerdekaan melalui pertempuran Ambarawa oleh TKR sekarang disebut Korps Infanteri TNI AD berjuang bersama rakyat dengan kemenangan pada tanggal 15 Desember 1945. TNI Angkatan Darat 2021 akan jatuh pada hari ini, 15 Desember dan puncak dari kegiatan ulang tahunnya.

Hari Juang Kartika pada hakikatnya dilandasi oleh sebuah peristiwa bersejarah dan penting dalam mempertahankan kemerdekaan 76 tahun silam di Kota Ambarawa. Ambarawa sendiri adalah sebuah kota kecamatan yang terletak di Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Pada era Kerajaan Mataram (Amangkurat II) kawasan ini bernama Limbarawa. Ambarawa juga pernah menjadi ibu kota Kabupaten Semarang yang kini sudah berganti menjadi Ungaran.

Ambarawa juga disebut sebagai Kota Palagan Ambarawa yang bahkan dibuatkan museumnya bernama Museum Palagan Ambarawa. Palagan Ambarawa sendiri mengacu pada pertempuran dahsyat antara pasukan Tentara Keamanan Rakyat (TKR) dengan pasukan Sekutu.

Pertempuran Ambarawa terjadi pada 20 November-15 Desember 1945. Peristiwa ini dipicu oleh kedatangan pasukan Inggris di Semarang pada 20 Oktober 1945. Pada awalnya, kedatangan pasukan Inggris disambut baik karena dinilai tak memiliki maksud buruk. Namun ternyata, tentara Inggris menunggu kedatangan Netherlands Indies Civiele Administration (NICA) untuk membebaskan tawanan perang.

Setelah tawanan perang dibebaskan, Inggris pun mempersenjatai mereka. Tentara sekutu itu juga melucuti senjata TKR. Bahkan, pihak Belanda memasang benderanya di Ambarawa. TKR dan masyarakat Ambarawa pun marah besar. Situasi yang gaduh pun berujung pada pertempuran. Konflik ini berubah menjadi sebuah pertempuran antara 1 batalyon TKR (Tentara Keamanan Rakyat) beserta para pemuda pejuang Angkatan Muda dengan para pasukan Sekutu.

Untuk mengenang peristiwa bersejarah tersebut Pengadilan Agama Kuala Kapuas membuat ucapan Selamat hari Juang Kartika Dirgahayu TNI AD ke – 76, yang pada tahun ini bertema “TNI Angkatan Darat Bersama Rakyat Membangun Bangsa”. (isn)

Terimakasih telah membaca Berita Terkini - PA Kuala Kapuas Mengucapkan Selamat Hari Juang Kartika TNI AD ke-76. Silahkan tinggalkan komentar, saran dan pesan Anda untuk kemajuan website Pengadilan Agama Kuala Kapuas. Terimakasih untuk dukungan dan partisipasi Anda.
Total Komentar    Belum Ada Komentar
  • Nama harus diisi, Email tidak akan disebarluaskan, Terimakasih.
  • Mohon untuk menggunakan ejaan yang benar / kata-kata yang mudah dimengerti