Kamis, 22 Oktober 2020

» Berita Terkini » PA Kuala Kapuas Mengucapkan Selamat Idul Adha 1441 H
PA Kuala Kapuas Mengucapkan Selamat Idul Adha 1441 H

Kuala Kapuas | www.pa-kualakapuas.go.id

Idul Adha pada tahun 2020 jatuh pada tanggal 31 Juli 2020 atau 10 Dzulhijjan 1441 H, Idul Adha juga dinamakan Hari Raya Haji dan “Idul Qurban”, karena pada hari itu Allah memberi kesempatan kepada kita untuk lebih mendekatkan diri kepada-Nya. Bagi umat muslim yang belum mampu mengerjakan perjalanan haji, maka ia diberi kesempatan untuk berkurban, yaitu dengan menyembelih hewan qurban sebagai simbol ketakwaan dan kecintaan kita kepada Allah SWT.

Jika kita menengok sisi historis dari perayaan Idul Adha ini, maka pikiran kita akan teringat kisah teladan Nabi Ibrahim, yaitu ketika Beliau diperintahkan oleh Allah SWT untuk menempatkan istrinya Hajar bersama Nabi Ismail putranya, yang saat itu masih menyusu. Mereka ditempatkan disuatu lembah yang tandus, gersang, tidak tumbuh sebatang pohon pun. Lembah itu demikian sunyi dan sepi tidak ada penghuni seorangpun. Nabi Ibrahim sendiri tidak tahu, apa maksud sebenarnya dari wahyu Allah yang menyuruh menempatkan istri dan putranya yang masih bayi itu, ditempatkan di suatu tempat paling asing, di sebelah utara kurang lebih 1600 KM dari negaranya sendiri palestina. Tapi baik Nabi Ibrahim, maupin istrinya Siti Hajar, menerima perintah itu dengan ikhlas dan penuh tawakkal.

Pada Hari Raya Idul Adha, umat Islam di seluruh dunia disunnahkan untuk melaksanakan Shalat Id serta menyembelih hewan kurban bisa berupa kambing, domba, sapi, kerbau, dan unta. Penyembelihan hewan kurban dilaksanakan setelah ibadah Shalat Id selesai dilaksanakan. Daging hewan kurban yang telah disembelih kemudian dibagikan kepada mereka yang berkurban, saudara, tetangga serta fakir miskin dan orang-orang yang membutuhkan.

Perayaan Hari Raya Idul Adha pada tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya karena pandemi virus corona masih menerpa. Umat Islam merayakan Idul Adha dengan menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid-19. Hikmah  yang bisa dipetik dari perayaan Idul Adha di tengah pandemi virus corona adalah akan semakin mempererat ikatan keluarga, semangat berbagi untuk sesama dan keikhlasan untuk berkorban. Idul Adha di tengah pandemi yang belum selesai ini, tetap memperhatikan protokol kesehatan. Di antaranya memakai masker, menjaga jarak, tidak berkerumun, dan menjaga kebersihan.

Untuk itu Pimpinan dan segenap keluarga besar Pengadilan Agama Kuala Kapuas mengucapkan “Selamat Hari Raya Idul Adha 1441 H”. (isn)

 

Terimakasih telah membaca Berita Terkini - PA Kuala Kapuas Mengucapkan Selamat Idul Adha 1441 H. Silahkan tinggalkan komentar, saran dan pesan Anda untuk kemajuan website Pengadilan Agama Kuala Kapuas. Terimakasih untuk dukungan dan partisipasi Anda.
Total Komentar    Belum Ada Komentar
  • Nama harus diisi, Email tidak akan disebarluaskan, Terimakasih.
  • Mohon untuk menggunakan ejaan yang benar / kata-kata yang mudah dimengerti