Minggu, 29 November 2020

» Berita Terkini » PA Kuala Kapuas Mengucapkan Selamat Hari Sumpah Pemuda Ke-92 Tahun 2020
PA Kuala Kapuas Mengucapkan Selamat Hari Sumpah Pemuda Ke-92 Tahun 2020

Kapuas |www.pa-kualakapuas.go.id

Hari ini, Rabu 28 Oktober 2020, diperingati sebagai Hari  Sumpah Pemuda. Namun dalam peringatan tahun ini 2020, akan berbeda dengan tahun sebelumnya dikarenakan di tengah pandemi Covid-19 atau Corona yang melanda Indonesia sejak awal tahun 2020.

Pada peringatan Hari Sumpah Pemuda 2020 ini mengusung tema bersatu dan bangkit. Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali saat me-launching logo Hari Sumpah Pemuda ke-92 2020 mengatakan Oktober yang juga disebut sebagai bulan pemuda, sehingga menggelorakan semangat untuk bersatu dan bangkit.

Setiap tanggal 28 Oktober diperingati sebagai Hari Sumpah Pemuda. Sumpah Pemuda merupakan salah satu tonggak utama dalam sejarah pergerakan kemerdekaan Indonesia. Ikrar Sumpah Pemuda ini dianggap sebagai kristalisasi semangat untuk menegaskan cita-cita berdirinya negara Indonesia.

Sumpah Pemuda tercetus dari keputusan Kongres Pemuda II yang diselenggarakan dua hari, yakni pada 27-28 Oktober 1928 di Batavia (Jakarta). Dua tahun sebelumnya, telah juga dilakukan Kongres Pemuda I mulai tanggal 30 April hingga 2 Mei 1926 di Batavia.

Setelah melalui proses panjang selama dua hari, maka pada 28 Oktober 1928, para peserta Kongres Pemuda II bersepakat merumuskan tiga janji yang kemudian disebut sebagai Sumpah Pemuda. Adapun isi Sumpah Pemuda sebagai berikut:

Pertama, Kami putra dan putri Indonesia, mengaku bertumpah darah yang satu, tanah air Indonesia.

Kedua, Kami putra dan putri Indonesia, mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia.

Ketiga, Kami putra dan putri Indonesia, menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia.

Sumpah Pemuda yang dibacakan di arena Kongres Pemuda II dan dihadiri oleh kaum muda lintas suku, agama, dan daerah. Nantinya, 17 tahun kemudian melahirkan Proklamasi Kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 1945. Sumpah Pemuda sangat monumental bagi perjalanan sejarah bangsa Indonesia.

Sehubungan dengan hal tersebut di atas, maka Pengadilan Agama Kuala Kapuas telah membuat ucapan “Selamat Hari Sumpah Pemuda Ke-92 Tahun 2020”, dan ucapan tersebut telah ditayangkan di akun medsos resmi Pengadilan Agama Kuala Kapuas yaitu di Website, FB, IG dan Twitter Pengadilan Agama Kuala Kapuas. (isn)

Terimakasih telah membaca Berita Terkini - PA Kuala Kapuas Mengucapkan Selamat Hari Sumpah Pemuda Ke-92 Tahun 2020. Silahkan tinggalkan komentar, saran dan pesan Anda untuk kemajuan website Pengadilan Agama Kuala Kapuas. Terimakasih untuk dukungan dan partisipasi Anda.
Total Komentar    Belum Ada Komentar
  • Nama harus diisi, Email tidak akan disebarluaskan, Terimakasih.
  • Mohon untuk menggunakan ejaan yang benar / kata-kata yang mudah dimengerti