Rabu, 20 Januari 2021

» Berita Terkini » PENGADILAN AGAMA KUALA KAPUAS PLENOKAN KESERAGAMAN FORMAT PUTUSAN HAKIM
PENGADILAN AGAMA KUALA KAPUAS PLENOKAN KESERAGAMAN FORMAT PUTUSAN HAKIM

Kamis 17 Desember 2020, bertempat di ruang Media Center Pengadilan Agama Kuala Kapuas, hakim-hakim PA Kuala Kapuas yang tergabung di dalam Ikatan Hakim Indonesia (IKAHI) cabang Kuala Kapuas, adakan rapat pleno untuk seragamkan format putusan hakim. Kegiatan yang diinisiasi oleh Achmad Faroby, salah satu hakim di PA Kuala Kapuas, bertujuan untuk membuat template putusan hakim yang seragam. Hal ini dimaksudkan untuk membantu mempercepat kinerja hakim dalam membuat putusan, sebagai wujud pelaksanaan kebijakan one-day minute dan one-day publish oleh Mahkamah Agung.

Achmad Faroby menuturkan, rapat pleno tersebut merupakan yang pertama diadakan di PA Kuala Kapuas. Ia menambahkan, kegiatan itu dimaksudkan untuk menyempurnakan template putusan yang sudah ada sebelumnya, terlebih hakim-hakim PA Kuala Kapuas baru mengikuti pembinaan dari Ketua PTA Palangka Raya pada minggu sebelumnya.

“Yang pertama, hakim-hakim di PA Kuala Kapuas telah mendapatkan pembinaan dan masukan-masukan dari Ketua PTA Palangka Raya satu minggu yang lalu. Poin-poin penting dan krusial yang kami peroleh dari kegiatan itu, kemudian kami implementasikan ke dalam penyempurnaan template putusan ini. Yang kedua, template putusan ini kami buat agar memudahkan hakim-hakim PA Kuala Kapuas dalam membuat putusan, apalagi kami dituntut mampu menyelesaikan putusan pada hari yang sama dengan perkara di putus, istilahnya one-day publish” ujarnya.

Di tempat yang sama, Ketua PA Kuala Kapuas, Muhamad Isna Wahyudi, ketika membuka acara menyampaikan harapannya agar dihasilkan template putusan hakim yang komprehensif melalui rapat pleno tersebut. Ia menyatakan bahwa putusan hakim adalah mahkota hakim, oleh sebab itu perlu untuk dirapatkan bersama hakim-hakim PA Kuala Kapuas untuk menemukan keseragaman format putusan yang akan digunakan.

“Saya berkeinginan agar PA Kuala Kapuas mempunyai template putusan untuk semua jenis perkara. Namun saya menyadari, tidak mungkin pembahasan tersebut akan selesai dalam waktu satu hari ini saja. Maka kegiatan hari ini merupakan season pertama, kita akan bahas beberapa template putusan yang paling sering digunakan terlebih dahulu. Season-season berikutnya akan kita tentukan kemudian” ucapnya.

eRA/red

Terimakasih telah membaca Berita Terkini - PENGADILAN AGAMA KUALA KAPUAS PLENOKAN KESERAGAMAN FORMAT PUTUSAN HAKIM. Silahkan tinggalkan komentar, saran dan pesan Anda untuk kemajuan website Pengadilan Agama Kuala Kapuas. Terimakasih untuk dukungan dan partisipasi Anda.
Total Komentar    Belum Ada Komentar
  • Nama harus diisi, Email tidak akan disebarluaskan, Terimakasih.
  • Mohon untuk menggunakan ejaan yang benar / kata-kata yang mudah dimengerti