Senin, 26 Oktober 2020

» Berita Terkini » Hari Pahlawan
Hari Pahlawan

Upacara Hari Pahlawan ke 72

Bertempat di Lapangan Kantor Pengadilan Agama Kuala Kapuas dilaksanakan upacara dalam rangka memperingati Hari Pahlawan ke 72 Tahun 2017. Bertindak sebagai Inspektur Upacara adalah Pengadilan Agama Kuala Kapuas, Ibu Dra. Hj. Norhayati, MH Upacara diikuti  oleh seluruh Hakim, Pejabbat Srtuktural, Fungsional dan seluruh Honorer.

Dalam sambutan Menteri Sosial yang dibacakan oleh Inspektur Upacara mengajak mengambil makna yang terkandung dalam momentum peringatan Hari Pahlawan dengan meneladani nilai-nilai luhur yang diwariskan, seperti : taqwa kepada TYME, pantang menyerah, jujur dan adil, percaya kepada kemampuan sendiri serta kerja keras untuk membangun Indonesia yang sejahtera sebagaimana cita-cita para pahlawan bangsa. Dalam kesempatan upacara bendera ini, Gubernur membacakan sambutan Menteri Sosial RI. Ketua Pengadilan Agama Kuala Kapuas dalam sambutannya menjelaskan, Hari Pahlawan yang kita peringati saat ini didasarkan pada peristiwa pertempuran terhebat dalam riwayat sejarah dekolonisasi dunia, yakni peristiwa”Pertempuran 10 November 1945″ di Surabaya. Sebuah peristiwa yang memperlihatkan kepada dunia internasional, betapa segenap Rakyat Indonesia dari berbagai ras, suku, agama, budaya dan berbagai bentuk partikularisme golongan – bersama-sama melebur menjadi satu untuk berikrar, bergerak dan menyerahkan hidupnya, jiwa raganya, untuk mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

Semangat kebangsaan kita yang juga kita kenang hari ini di Hari Pahlawan adalah sebuah nasionalisme yang dilandasi oleh kemanusiaan universal bukan nasionalisme yang sempit. Sebuah nasionalisme yang oleh Bung Karno diikrarkan bahwa “My Nationalism is Humanity”. Sebuah nasionalisme yang ditegaskan dalam Pidato l Juni Lahirnya Pancasila bahwa nasionalisme hanya bisa hidup subur di dalam taman sarinya internasionalisme.

( Bude)

 

 

 {jcomments on}

 Berita Sebelumnya
Berita Selanjutnya 
Terimakasih telah membaca Berita Terkini - Hari Pahlawan. Silahkan tinggalkan komentar, saran dan pesan Anda untuk kemajuan website Pengadilan Agama Kuala Kapuas. Terimakasih untuk dukungan dan partisipasi Anda.
Total Komentar    Belum Ada Komentar
  • Nama harus diisi, Email tidak akan disebarluaskan, Terimakasih.
  • Mohon untuk menggunakan ejaan yang benar / kata-kata yang mudah dimengerti