Rabu, 24 Juli 2024

» Berita Terkini » Kultum Ramadhan, Bahasa Childfree
Kultum Ramadhan, Bahasa Childfree

Sambut Ramadhan, PA Kuala Kapuas lakukan rutinitas Kultum Ramadhan yang dilaksanakan setiap Ba’da Dhuhur di Mushola Ar Raudah Pengadilan Agama Kuala Kapuas. Adapun, aparatur yang bertugas di kultum tersebut telah di atur sebelumnya oleh Panitera, atas instruksi dari YM. Ketua, Suharja, S.Ag., M.H.

Adapun Petugas dalam Kultum Ramadhan pada hari ini ialah YM. Epri Wahyudi, S.H.I., M.H selaku pembicara, Abdul Lathif, S.PdI selaku Muazin, dan Rizki Agung Maulana, S.H selaku MC. Ini merupakan kegiatan Kultum Ramadhan ke 4, setelah sebelumnya di isi dan dibuka oleh YM. Ketua pada Senin (27/3) lalu, YM. Ahmad Rafuan, S.H.I., M.H pada Selasa (28/3) lalu, dan YM. Ahmad Nafari, S.H.I Kamis (29/3) kemarin.

Pada kultum kali ini, pembicara membawakan sebuah topik yang unik, menarik dan cukup berbeda dari kultum sebelumnya. Topik tersebut ialah bedah Q.S Al Anfal ayat 28 dan Fenomena Childfree.

“Dan ketahuilah bahwa hartamu dan anak-anakmu itu hanyalah sebagai cobaan dan sesungguhnya di sisi Allah ada pahala yang besar.”

Pembicara membacakan ayat tersebut beserta terjemahannya. Merujuk pada ayat tersebut, ia kemudian menjelaskan bahwa terdapat keutamaan untuk memiliki keturunan, khususnya bagi kaum Muslimin. Ia kemudian kembali mengutip salah satu hadits yang mahsyur lagi shahih Riwayat Imam Muslim.

“Jika seseorang meninggal dunia, maka terputuslah amalannya kecuali tiga perkara (yaitu): sedekah jariyah, ilmu yang dimanfaatkan, atau doa anak yang sholeh.” (HR Muslim)

Pembicara kembali menjelaskan bahwa banyak keutamaan bagi seorang Muslim untuk memiliki seorang keturunan. Selain yang tercantum dalam dalil-dalil tersebut, melainkan juga sebagai bentuk menauladani Rasul SAW dan bentuk ketaqwaan kepada Allah SWT.

Menutup kultum kali ini, Pembicara mengajak kepada seluruh aparatur yang hadir, untuk senantiasa menauladani Rasul SAW sesuai yang telah termaktub dalam Quran maupun Hadits.

“Mari Bapak/Ibu, sebagai bentuk ketaqwaan kita, tauladani Rasul SAW, dan niatkan lah setiap kegiatan dan pekerjaan kita sebagai ladang ibadah, sehingga mengucur pahala dari sana. Aamiin” tutupnya

Terimakasih telah membaca Berita Terkini - Kultum Ramadhan, Bahasa Childfree. Silahkan tinggalkan komentar, saran dan pesan Anda untuk kemajuan website Pengadilan Agama Kuala Kapuas. Terimakasih untuk dukungan dan partisipasi Anda.
Total Komentar    Belum Ada Komentar
  • Nama harus diisi, Email tidak akan disebarluaskan, Terimakasih.
  • Mohon untuk menggunakan ejaan yang benar / kata-kata yang mudah dimengerti