Kamis, 22 Oktober 2020

» Berita Terkini » WEBINAR KONGKOW ENAK DAN SANTAI SEPUTAR TEKNOLOGI INFORMASI
WEBINAR KONGKOW ENAK DAN SANTAI SEPUTAR TEKNOLOGI INFORMASI

Kedai TI Peradilan Agama mengadakan Webinar Kongkow enak dan santai seputar teknologi informasi dengan tema “Alih Media Arsip Peradilan Agama” Bersama Guest Star Pak Tohir, atau Anggota Laskar SIADPA biasa memanggil beliau Kapten Tohir, dan dipandu Cak Ansan yang di laksanakan pada tanggal 26 Juli 2020.

Oleh sebab itu Ketua Pengadilan Agama Kuala Kapuas, memerintahkan kepada Honorer Abdul Latif, S.Pd.I untuk mengikuti kegiatan tersebut, beliau menyampaikan bahwa kegiatan tersebut amat penting karena Pengadilan Agama Kuala Kapuas merupakan Pengadilan yang sudah sangat lama berdiri, serta memiliki banyak arsip yang tidak dapat ditampung dikantor lagi, oleh sebab itu beliau berharap dalam diskusi itu nantinya ditemukan jalan keluar untuk membenahan arsip-arsip lama sehingga tidak terlihat kumuh dan menumpuk.

Selanjutnya Sdr. Abdul Latif menyampaikan bahwa dalam kegiatan tersebut dibahas bagaimana penyelesaian terhadap arsip-arsip lama yang sudah tidak bisa ditampung di dalam kantor, menurut Kapten Tohir sekaligus Guest Star dalam acara tersebut, beliau mengatakan bahwa arsip perkara harus sudah dialih mediakan menjadi elektronik, sehingga arsip-arsip lama yang sudah tidak memungkinkan lagi dapat di musnahkan atau dilebur, namun hal tersebut masih terkendala peraturan dan Buku II Pola Bindalmin yang menyatakan bahwa pemusnahan arsip hanya bisa dilakukan dalam kurun waktu sudah 30 tahun. Oleh sebab itu beliau berharap adanya kebijakan dari Mahkamah Agung terkait hal itu, namun beliau tetap menyarankan agar setiap pengadilan sudah mulai mengalih mediakan arsip menjadi arsip digital agar nantinya mempermudah petugas dalam mencari arsip-arsip lama yang diperlukan.

(Pen:Latif)

Terimakasih telah membaca Berita Terkini - WEBINAR KONGKOW ENAK DAN SANTAI SEPUTAR TEKNOLOGI INFORMASI. Silahkan tinggalkan komentar, saran dan pesan Anda untuk kemajuan website Pengadilan Agama Kuala Kapuas. Terimakasih untuk dukungan dan partisipasi Anda.
Total Komentar    Belum Ada Komentar
  • Nama harus diisi, Email tidak akan disebarluaskan, Terimakasih.
  • Mohon untuk menggunakan ejaan yang benar / kata-kata yang mudah dimengerti